Cara Mengamankan akun Google ( gmail )

Apakah kamu seorang pengguna akun Gmail? Penting bagi kamu untuk menjaga keamanan akun Gmail kamu. Terlebih lagi, akhir-akhir ini tengah marak hacking akun. Tujuan orang-orang tak bertanggungjawab meng-hack akun kamu adalah untuk mendapatkan data sensitif kamu. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk meningkatkan keamanan akun Gmail kamu.

Nah, PG disini memberikan tips agar kamu bisa meningkatkan keamanan akun Gmail kamu. Ikuti saja langkah-langkah berikut.

1. Gunakan Password yang Kuat

Kamu harus selalu menggunakan password yang kuat untuk menghindari kemungkinan akun Gmail kamu di-hack. Pilihlah password yang unik untuk akun Gmail kamu, utamakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca artikel PG untuk mencari tahu Seperti apa sih password yang kuat itu.

2. Gunakan Verifikasi Dua Langkah

Verifikasi ganda (2-step verification) akan menambahkan lapisan keamanan pada akun Google kamu, dimana kamu mendaftarkan nomor ponsel kamu pada Google sehingga Google bisa mengirimkan sandi verifikasi ke ponsel kamu. Bila kamu sudah memilikinya, maka bila seseorang berhasil menebak atau mencuri password kamu, maka ia masih akan kesulitan untuk masuk ke akun kamu karena mereka tidak memiliki nomor ponsel kamu.

3. Gunakan Koneksi SSL

Koneksi SSL akan melindungi traffic antara browser dan server yang aman. Contohnya, untuk login ke Google Mail, maka web URL dengan SSL adalah https://mail.google.com/. Atau bisa juga kamu mengaktifkannya dari akun Gmail kamu dengan cara klik Mail Setings > General. Kemudian set “Browser Connection” ke “Always use HTTPS.” Ini akan menjadikan tiap kali kamu mengakses akun Gmail kamu, maka kamu akan diarahkan ke HTTPS
5 Cara Mengamankan Akun Gmail Kamu

4. Gunakan Opsi Password Recovery

Selalu gunakan opsi Password Recovery pada akun Gmail kamu, sehingga jika kamu lupa atau kehilangan password kamu, maka kamu bisa melakukan recovery dengan mudah. Untuk mengaktifkan opsi ini, kamu bisa langsung ke Mail Settings > Accounts and Import > Change password recovery. Disini kamu bisa juga menambahkan nomor telepon kamu, alamat email kamu, serta pertanyaan keamanan untuk mengembalikan (recover) password.
5 Cara Mengamankan Akun Gmail Kamu
5 Cara Mengamankan Akun Gmail Kamu

5. Periksa selalu Aktivitas Akun Kamu

Kamu bisa memeriksa waktu Login, tipe browser dan IP address dari akses akun Gmail kamu, sehingga kamu bisa cepat mengetahui bila ada akses yang bukan dari kamu sendiri. Laporan semacam ini bisa kamu lihat di bagian bawah halaman Gmail kamu dengan judul “Last account activity” kamu bisa mengklik “Details” untuk mengetahui lebih banyak tentang aktivitas akun Gmail kamu.

Cara Mengamankan akun Google ( gmail ) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment

Berkomen adalah salah satu kegiatan yang tidak merugikan Dan ayo Kita komen Di Bawah !!